SUARA INDONESIA BANDUNG

Pj Bupati Bondowoso Ingatkan ASN Jaga Netralitas saat Pemilu 2024

Bahrullah - 17 October 2023 | 14:10 - Dibaca 753 kali
News Pj Bupati Bondowoso Ingatkan ASN Jaga Netralitas saat Pemilu 2024
Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto saat bersama Fokopimda (Foto Humas Pemkab Bondowoso)

BONDOWOSO,suaraindonesia.co.id- Bambang Soekwanto Pj Bupati Bondowoso mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga netralitas saat pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024.

Bambang melarang ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan bersiap menjelang perhelatan pemilu 2024 dengan tetap menjunjung tinggi asas netralitas.

Demikian disampaikan pada media saat Bambang Soekwanto saat gelar pasukan Operasi Semeru 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu dan Simulasi Operasi Mantap Brata ( Sispam Kota ) di depan Pendopo Bagus Asra Alun alun Bondowoso, Senin (17/10/2023).

Bambang menyatakan, saat ini tahapan pemilu 2024 telah dimulai. Karena itu kepala ASN Bondowoso untuk lebih berhati-hati dan bisa memilah, serta bersikap netral terkait isu-isu yang saat ini banyak beredar di masyarakat terkait kepemiluan.

"Netralitas ASN diatur dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, di mana setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun," ujarnya.

Menurut Pj. Bupati, di tengah arus informasi dan teknologi, hal yang paling patut mendapat perhatian kita bersama para ASN dalam menjaga netralitas adalah bijak menggunakan media sosial, hal ini rentan dan berpotensi menjerat ASN melanggar asas netralitas.

“Ada sejumlah lembaga, termasuk masyarakat secara umum mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024, karena itu perlu menjaga diri, tetap netral di Pemilu 2024 dengan memahami aturan yang mengikat ASN sebagai abdi negara, serta berani menolak dengan tegas jika ada pihak atau calon peserta pemilu yang ingin memanfaatkan ASN untuk kepentingannya,” ujarnya.

Selain itu, Pj. Bupati juga meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) untuk meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, ketepatan waktu dan berperan aktif dalam mengawal semua kegiatan yang ada di perangkat daerah, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan yang tepat sesuai dengan visi misi Kabupaten Bondowoso.

"Saya tekankan, tingkatkan pelayanan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jangan abaikan masyarakat yang membutuhkan pelayanan masyarakat serta respon dengan baik," pungkasnya. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya